KEEFEKTIFAN PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM GERAK KELAS XI SMA
DOI:
https://doi.org/10.30605/biogenerasi.v7i1.1717Keywords:
Hasil belajar, Discovery Learning, Model Pembelajaran, Kemandirian BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penerapan model Discovery Learning ditinjau dari kemandirian dan hasil belajar siswa SMA kelas XI pada materi sistem gerak. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan one group pre-test-post-test. Sampel penelitian ini dipilih dengan teknik purposive sampling dengan satu kelas yang terpilih (kelas XI MIA 3) yang berjumlah 30 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu berupa tes dalam bentuk pilihan ganda sebanyak 20 butir soal dan soal uraian sebanyak 5 butir soal. Data yang terkumpul dianalisis secara statistik deskriptif. Hasil analisa data deskriptif menunjukkan bahwa (1) nilai rata-rata post-test kemandirian belajar siswa yaitu 78 lebih tinggi dari nilai rata-rata pre-test kemandirian belajar siswa yaitu 44 (2) nilai rata-rata post-test hasil belajar siswa yaitu 80 lebih tinggi dari nilai rata-rata pre-test hasil belajar siswa yaitu 40. Selanjutnya, nilai N-Gain menunjukkan bahwa (1) kemandirian belajar siswa berada pada kategori tinggi dan sedang, dominan berada pada kategori sedang 83%) sehingga sebanyak 30 peserta didik berada pada kategori sedang dan/atau tinggi (100%) (2) hasil belajar siswa berada pada kategori tinggi dan sedang, dominan berada pada kategori sedang (70%) sehingga sebanyak 30 peserta didik berada pada kategori sedang dan/atau tinggi (100%). Berdasarkan hasil analisa data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa penerapan model Discovery Learning efektif ditinjau dari kemandirian dan hasil belajar siswa pada materi sistem gerak di kelas XI SMA 1 Parepare.
Downloads
References
2) Dewi, S. 2017. The Effect of Student’s Metacognition Ability to Their Reasoning by Using Realistic Mathematical Education Approach at Secondary School of Unggul Sakti Jambi. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 15(3), 171-176
3) Faridah, F. 2010. Efektivitas metode pembelajaran inquiry discovery learning terhadap hasil belajar mata pelajaran PAI pada siswa kelas VIII semester 1 SMP NU 01 Muallimin Weleri tahun pelajaran 2010-2011 (Doctoral dissertation, IAIN Walisongo).
4) Kemendikbud.2020.Panduan Penerapan Model Pembelajaran Inovatif Dalam BDR Yang Memanfaatkan Rumah Belajar.
5) Lipton,Moh.2005.Menumbuh Kembangkan Kemandirian Belajar Siswa.Yogyakarta: PT. Indeks.
6) Lodang, Hamka. & D, Nur. A. 2017. ‘Keefektifan Penerapan Model Pembelajaran
Quantum Berdasarkan Gaya Belajar Siswa pada Materi Sistem Sirkulasi
Pada Siswa Kelas XI IPA SMAN 1 Bontosikuyu Kepulauan Selayar’,
Sainsmat, Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Alam, 6(2), 139-153 6(2), pp.
1–15.
7) Maulana, M. 2015. Interaksi Pbl-Murder, Minat Penjurusan, Dan Kemampuan Dasar Matematis Terhadap Pencapaian Kemampuan Berpikir Dan Disposisi Kritis. Mimbar Sekolah Dasar, 2(1), 1-20.
8) Mubarok, C., & Sulistyo, E. (2014). Penerapan model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar siswa kelas x tav pada standar kompetensi melakukan instalasi sound system di smk negeri 2 surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 3(2)
9) Mudjiman, Haris.2008.Belajar Mandiri. Surakarta: UNS Press.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.