KEEFEKTIFAN PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM GERAK KELAS XI SMA

Authors

  • Fitrah Amalia Salim Universitas Negeri Makassar
  • Hamka Lodang Universitas Negeri Makassar
  • Alimuddin Ali Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.30605/biogenerasi.v7i1.1717

Keywords:

Hasil belajar, Discovery Learning, Model Pembelajaran, Kemandirian Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penerapan model Discovery Learning ditinjau dari kemandirian dan hasil belajar siswa SMA kelas XI pada materi sistem gerak. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan one group pre-test-post-test. Sampel penelitian ini dipilih dengan teknik purposive sampling dengan satu kelas yang terpilih (kelas XI MIA 3) yang berjumlah 30 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu berupa tes dalam bentuk pilihan ganda sebanyak 20 butir soal dan soal uraian sebanyak 5 butir soal. Data yang terkumpul dianalisis secara statistik deskriptif. Hasil analisa data deskriptif menunjukkan bahwa (1) nilai rata-rata post-test kemandirian belajar siswa yaitu 78 lebih tinggi dari nilai rata-rata pre-test kemandirian belajar siswa yaitu 44 (2) nilai rata-rata post-test hasil belajar siswa yaitu 80 lebih tinggi dari nilai rata-rata pre-test hasil belajar siswa yaitu 40. Selanjutnya, nilai N-Gain menunjukkan bahwa (1) kemandirian belajar siswa berada pada kategori tinggi dan sedang, dominan berada pada kategori sedang 83%) sehingga sebanyak 30 peserta didik berada pada kategori sedang dan/atau tinggi (100%) (2) hasil belajar siswa berada pada kategori tinggi dan sedang, dominan berada pada kategori sedang (70%) sehingga sebanyak 30 peserta didik berada pada kategori sedang dan/atau tinggi (100%). Berdasarkan hasil analisa data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa penerapan model Discovery Learning efektif ditinjau dari kemandirian dan hasil belajar siswa pada materi sistem gerak di kelas XI SMA 1 Parepare.

Downloads

Download data is not yet available.

References

1) Artanti, F., & Lestari, T. K. 2017. Upaya Meningkatkan Kemandirian Belajar Matematika Siswa dengan Menggunakan Model Discovery Learning di MAN 3 Yogyakarta. Skripsi Sarjana, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta
2) Dewi, S. 2017. The Effect of Student’s Metacognition Ability to Their Reasoning by Using Realistic Mathematical Education Approach at Secondary School of Unggul Sakti Jambi. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 15(3), 171-176
3) Faridah, F. 2010. Efektivitas metode pembelajaran inquiry discovery learning terhadap hasil belajar mata pelajaran PAI pada siswa kelas VIII semester 1 SMP NU 01 Muallimin Weleri tahun pelajaran 2010-2011 (Doctoral dissertation, IAIN Walisongo).
4) Kemendikbud.2020.Panduan Penerapan Model Pembelajaran Inovatif Dalam BDR Yang Memanfaatkan Rumah Belajar.
5) Lipton,Moh.2005.Menumbuh Kembangkan Kemandirian Belajar Siswa.Yogyakarta: PT. Indeks.
6) Lodang, Hamka. & D, Nur. A. 2017. ‘Keefektifan Penerapan Model Pembelajaran
Quantum Berdasarkan Gaya Belajar Siswa pada Materi Sistem Sirkulasi
Pada Siswa Kelas XI IPA SMAN 1 Bontosikuyu Kepulauan Selayar’,
Sainsmat, Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Alam, 6(2), 139-153 6(2), pp.
1–15.
7) Maulana, M. 2015. Interaksi Pbl-Murder, Minat Penjurusan, Dan Kemampuan Dasar Matematis Terhadap Pencapaian Kemampuan Berpikir Dan Disposisi Kritis. Mimbar Sekolah Dasar, 2(1), 1-20.
8) Mubarok, C., & Sulistyo, E. (2014). Penerapan model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar siswa kelas x tav pada standar kompetensi melakukan instalasi sound system di smk negeri 2 surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 3(2)
9) Mudjiman, Haris.2008.Belajar Mandiri. Surakarta: UNS Press.

Downloads

Published

2022-03-29

How to Cite

Amalia Salim, F., Lodang, H., & Ali, A. (2022). KEEFEKTIFAN PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM GERAK KELAS XI SMA. Jurnal Biogenerasi, 7(1), 189–196. https://doi.org/10.30605/biogenerasi.v7i1.1717