UJI KEVALIDAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) ELEKTRONIK BERBASIS KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN KELAS XI SMA/MA

UJI KEVALIDAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) ELEKTRONIK BERBASIS KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN KELAS XI SMA/MA

Authors

  • Zannurain Muslimin a:1:{s:5:"en_US";s:27:"Universitas Negeri Makassar";}

DOI:

https://doi.org/10.30605/biogenerasi.v7i1.1650

Keywords:

e-LKPD, Keterampilan Proses Saina, Sistem Pencernaan

Abstract

Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) elektronik berbasis Keterampian Proses Sains (KPS) pada materi sistem pencernaan dengan tujuan menghasilkan LKPD elektronik yang dapat membantu pemecahan masalah di lapangan serta memenuhi kriteria valid. Pengembangan materi dan desain LKPD elektronik dikembangkan dengan menggunakan Microsoft Word, LibreOffice dan Adobe Acrobat Reader. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang memiliki lima tahapan, yaitu analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Subjek penelitian ini adalah dosen ahli yang melakukan validitas instrumen serta produk yang dikembangkan. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa produk LKPD elektronik yang dikembangkan bersifat valid. Hasil validitas berada pada kategori sangat valid dengan persentase validitas LKPD elektronik yang diperoleh yaitu 87,64%. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa LKPD elektronik berbasis KPS pada materi sistem pencernaan kelas XI SMA/MA  yang dikembangkan layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adnan. (2014). Model Pembelajaran Biologi Konstruktivistik berbasis TIK untuk meningkatkan motivasi dan kemampuan kognitif siswa SMP. Disertasi. Makassar: Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Makassar.

Adnan., & Bahri, A. (2011). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kontekstual Biologi pada Mata Pelajaran IPA Terpadu Berbasis Konstruktivisme untuk Pencapaian Standar Kompetensi Keanekaragaman Mahluk Hidup. Laporan Penelitian PNBP FMIPA UNM. Makassar: Universitas Negeri Makassar.

Haling, A. (2007). Belajar dan Pembelajaran. Makassar: Badan Penerbit UNM.

Hudiah, A., Saenab, S et al. (2017). Implementasi Keterampilan Proses Sains Berbasis Pendidikan Karakter. Jurnal Persatuan Guru Republik Indonesia. Diambil dari http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/3730.

Majid, A., & Rochman, C. (2014). Pendekatan Ilmiah Dalam Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nurhayati B. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Makassar: Badan Penerbit UNM.

Ongowo, R. O., & Indoshi, F. C. 2013. Science Process Skills in the Kenya Certificate of Secondary Education Biology Practical Examinations. Creative Education, 04(11), 713–717. https://doi.org/10.4236/ce.2013.411101.

Permendikbud No 71 Tahun 2013. (2013). Buku Teks Pelajaran dan Buku Panduan Guru untuk Pendidikan Dasar dan Menengah. Mentri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Inonesia.


Trianto. (2011). Mendesain Model Pembelajaran Inofatif- Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Downloads

Published

2022-02-26

How to Cite

Muslimin, Z. (2022). UJI KEVALIDAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) ELEKTRONIK BERBASIS KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN KELAS XI SMA/MA: UJI KEVALIDAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) ELEKTRONIK BERBASIS KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN KELAS XI SMA/MA. Jurnal Biogenerasi, 7(1), 85–90. https://doi.org/10.30605/biogenerasi.v7i1.1650