PENGEMBANGAN MEDIA E-ENSIKLOPEDIA SISTEM GERAK SEBAGAI SUMBER BELAJAR UNTUK KELAS XI
DOI:
https://doi.org/10.30605/biogenerasi.v7i1.1630Keywords:
sumber belajar biologi, media, e-ensiklopedia, sistem gerakAbstract
Kurangnya penggunaan sumber belajar yang inovatif merupakan salah satu penyebab kejenuhan dalam proses pembelajaran yang berdampak buruk pada motivasi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sumber belajar bernama e-ensiklopedia pada materi sistem gerak sebagai sumber belajar untuk kelas XI SMA. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (R&D) yang menggunakan model ADDIE. Uji validitas sumber daya dan materi pembelajaran didasarkan pada hasil dua validator ahli dan uji kepraktisan didasarkan pada respons guru dan siswa tentang penggunaan sumber daya pembelajaran. Kemudian, sumber belajar ini diimplementasikan di kelas XI SMAN 6 Maros MIPA 1 dengan subjek penelitian adalah dua guru biologi dan 20 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan kelayakan sumber belajar dengan skor rata-rata 4,50 berada dalam kategori valid. Hasil uji coba lapangan pada respon guru yaitu 89,3 % dan siswa memperoleh 82, 08 %, keduanya dalam kategori respon positif yang dinyatakan praktis. Sumber belajar e-ensiklopedia ini dinyatakan valid dan praktis, tetapi bagaimanapun masih perlu untuk menguji keefektifan untuk mengukur motivasi belajar siswa.
Downloads
References
Falahuddin, I. (2014). Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran. 1(4), 104–117. Hamalik, O. (1994). Media Pendidikan. Bandung: PT. Citra Aditya Bakti
Miparso, Y. (2005). Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Mignia, Ismail, & Karim, H. (2017). Pengembangan E-Magazine Biologi sebagai Skala Pengukuran Variabel- Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Riyani, D. (2013). Pengembangan Majalah Biomagz sebagai Alternatif Sumber Belajar Mandiri Siswa pada Mata Pelajaran Biologi untuk Siswa SMA/MA kelas X. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Yamasari, Y. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis ICT yang Berkualitas. Makalah disajikan pada Seminar Nasional Pasca sarjana X-ITS, Surabaya, 4 Agustus 2010.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.