Penggunaan Media Interaktif Berbasis Geogebra dan Powerpoint Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Pegal di Kelas VIII1 SMPN 3 Tanete Rilau

  • Azis Azis Guru Mata Pelajaran Matematika SMPN 3 Tanete Rilau Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan
Keywords: keaktifan, media interaktif, geogebra, powerpoint

Abstract

Pembelajaran pada abad ke-21 menuntut kesungguhan guru dalam mengelola pembelajaran. Perkembangan dan penggunaan teknologi sangat pesat, mempengaruhi setiap aspek kehidupan termasuk dunia pendidikan, maka guru harus mampu menggunakan media pembelajaran berbasis TIK. Pembelajaran dikatakan berhasil jika guru mampu melibatkan peserta didik secara aktif dalam pembelajaran. Suatu alternatif pembelajaran yang dapat meningkatkan keaktifan peserta didik yaitu dengan memanfaatkan TIK. Guru merancang dan membuat media interaktif berbasis geogebra dan powerpoint. Peserta didik melakukan simulasi materi pelajaran (media geogebra), mendiskusikan contoh soal dan soal latihan (media powerpoint). Selama proses pembelajaran peserta didik bekerjasama, saling membantu, dan saling memotivasi untuk menemukan, memahami dan memecahkan masalah. Penggunaan media interaktif berbasis geogebra dan powerpoint pada pembelajaran persamaan garis lurus memberikan hasil yang baik. Pada aspek proses pembelajaran, aktivitas peserta didik pada siklus III mengalami peningkatan dibandingkan siklus I dan II. Pada aspek hasil belajar terjadi peningkatan rata-rata hasil belajar. Pada siklus I, rata-rata hasil belajar peserta didik adalah 46,8 menjadi 53,3 pada siklus II dan pada siklus III menjadi 81,9. Jumlah peserta didik yang mencapai/melampaui nilai KKM pada siklus III lebih banyak dari siklus I dan II. Pada siklus I ketuntasan hanya 15,8%, meningkat menjadi 40% pada siklus II dan pada siklus III menjadi 85%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agus, M. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas-X IPS-4 SMA Negeri 3 Palopo melalui Eksperimen Inovatif. Naskah Lomba Inobel Level Utama bagi Guru Jenjang Pendidikan Menengah Tingkat Nasional.

Arikunto, S. (1999). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. (Edisi Revisi). Jakarta: Bumi Aksara.

Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa. Edisi IV. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Departemen Pendidikan Nasional. (2004). Materi Pelatihan Terintegrasi. Matematika 3. Jakarta: Bagian Proyek Pengembangan Sistem dan Pengendalian Program SLTP.

Furchan, A. (2011). Pengantar Penelitian dalam Pendidikan. (Karya Donald Ary, Luchy Cheser Jacobs, Asghar Eazavieh). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hamalik, O. (2014). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hamzah, A., Muhlisrarini. (2014). Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Hidayat, F. N., Marfuah. (2018). Geogebra. Modul Diklat Pemanfaatan TIK untuk Guru Matematika. Yogyakarta: PPPPTK Matematika.

Koswara, D., Deni, & Halimah. (2008). Bagaiman Menjadi Guru Kreatif? Bandung: PT Pribumi Mekar.

Purnomo, J., Sutrisno, A. (2018). Powerpoint untuk Pembelajaran Matematika. Modul Diklat Pemanfaatan TIK untuk Guru Matematika. Yogyakarta: PPPPTK Matematika.

Riyanto, Y. (2012). Paradigma Baru Pembelajaran. Sebagai Referensi bagi Pendidik dalam Implementasi Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sriyono. (1992). Teknik Belajar mengajar dalam CBSA. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sujadi, I., Dhoruri, A. (2016). Guru Pembelajar Modul Matematika SMP. Kelompok Kompetensi B Teori Belajar, Himpunan, dan Logika Matematika. Jakarta: Dirjen GTK Kemendikbud.

Sumantri, M. S. (2015). Strategi Pembelajaran. Teori dan Praktik di Tingkat Pendidikan Dasar. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Suryosubroto, B. (2009). Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Warso, A. W. D. D. (2016). PKB Publikasi Ilmiah. PTK dan Nilai Angka Kreditnya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Published
2019-09-21
How to Cite
Azis, A. (2019). Penggunaan Media Interaktif Berbasis Geogebra dan Powerpoint Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Pegal di Kelas VIII1 SMPN 3 Tanete Rilau. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 2(3), 221-229. https://doi.org/10.30605/jsgp.2.3.2019.8