Pemanfaatan Sejarah Lokal Kerajaan Siak sebagai Sumber Belajar untuk Mengembangkan Kesadaran Sejarah Siswa

  • Nurdiansyah Nurdiansyah Universitas Riau
Keywords: Sejarah Kerajaan Siak, Kesadaran Sejarah, Sumber Belajar

Abstract

Latar belakang penelitian ini berangkat dari realitas bahwa pembelajaran sejarah selama ini membahas dan menyentuh materi sejarah nasional dan di sisi lain justru sejarah lokal diabaikan. Hal tersebut terlihat dalam proses pembelajaran di kelas, terutama di SMAN 2 Pekanbaru. Kondisi dan sikap peserta didik maupun guru yang cenderung tidak peduli dengan sejarah yang ada di sekitarnya, terutama di daerah Kabupaten Siak yang merupakan sejarah lokal Riau yang menjadi dasar peneliti lakukan mengenai tokoh-tokoh yang memiliki andil besar dalam perjuangan melawan penjajah. Metode penelitian yang digunakan adalah naturalistic inquiri dengan informan guru sejarah dan siswa kelas XI IPS II SMAN 2 Pekanbaru serta teknik pengumpulan data meliputi proses observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dengan model analisis interaktif terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan dan keabsahan data dengan triangulasi. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa proses pembelajaran sejarah lokal meliputi: desain pembelajaran dalam bentuk Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang mengacu pada SK/KD pada KTSP, tahapan pengembangan pembelajaran meliputi kegiatan awal berupa apersepsi, kegiatan inti menggunakan pendekatan pembelajaran kontekstual model inquiri dengan langkah-langkah: pemberian masalah, eksplorasi sumber, interprestasi, dan presentasi. Kemudian kegiatan penutup dengan tindak lanjut. Hasil yang dicapai dalam pembelajaran bagi siswa adalah meningkatnya pemahaman siswa mengenai pemanfaatan sejarah lokal kerajaan Siak, mampu meningkatkan semangat belajar sejarah peserta didik, terampil menggali sumber, menghargai masa lalu, mampu berkerjasama dan selalu berkoordinasi antara siswa dan guru dalam menghadapi kesulitan-kesulitan pembelajaran. Penelitian ini diharapkan mampu menggambarkan kesadaran sejarah peserta didik di SMAN 2 Pekanbaru dan memberikan kontribusi bagi pembelajaran sejarah lokal di daerah Riau.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahonen, S. (2005). Historical consciousness: a viable paradigm for history education?. Journal of Curriculum Studies, 37(6), 697-707. DOI: https://doi.org/10.1080/00220270500158681

Firdaus, A. H., Purnomo, A., & Ahmad, T. A. (2018). Kesadaran Sejarah Siswa Terhadap Ketokohan dan Keteladanan Sunan Kudus Di MA Qudsiyyah Kudus Tahun Pelajaran 2017/2018. Indonesian Journal of History Education, 6(2), 150-161.

Hasan, S. H. (2012). Pendidikan Sejarah Indonesia: Isu dalam ide dan pembelajaran. Bandung: Penerbit Rizky.

Ismaun, H. (2005). Pengantar Belajar Sejarah Sebagai Ilmu dan Wahana Pendidikan.

Kochhar, S, K. (2008). Pembelajaran Sejarah. Jakarta: Grasindo.

Komalasari, K. (2017). Pembelajaran kontekstual: konsep dan aplikasi. Bandung. Refika Aditama.

Maslahah, W., & Rofiah, L. (2019). Pengembangan Bahan Ajar (Modul) Sejarah Indonesia Berbasis Candi-Candi Di Blitar Untuk Meningkatkan Kesadaran Sejarah. Agastya: Jurnal Sejarah dan Pembelajarannya, 9(1), 32-43. DOI: https://doi.org/10.25273/ajsp.v9i1.3418

Meleong, L.J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.

Mulyana, A. & Gunawan, R. (2007). Sejarah Lokal: Penulisan dan Pembelajaran di Sekolah. Bandung: Salamina Press.

Putro, H. P. N. (2012). Model Pembelajaran Sejarah Untuk Meningkatkan Kesadaran Sejarah Melalui pendekatan Inkuiri. Paramita: Historical Studies Journal, 22(2). DOI: https://doi.org/10.15294/paramita.v22i2.2121

Supardan, D. (2004). Pembelajaran sejarah berbasis pendekatan multikultural dan perspektif sejarah lokal, nasional, global, untuk integrasi bangsa: Studi kuasi eksperimental terhadap siswa Sekolah Menengah Umum di Kota Bandung (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

Wiriaatmadja, R. (2011) Membina dan mengembangkan karakter dan nilai-nilai berbangsa dalam pendidikan IPS, makalah pada seminar internasional pengembangan keterampilan sosial dan karate dalam pembelajaran IPS di sekolah, UPI, Bandung.

Published
16-08-2021
How to Cite
Nurdiansyah, N. (2021). Pemanfaatan Sejarah Lokal Kerajaan Siak sebagai Sumber Belajar untuk Mengembangkan Kesadaran Sejarah Siswa . Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(2), 518-526. https://doi.org/10.30605/jsgp.4.2.2021.1341
Section
Regular Articles