Cokroaminoto Journal of Primary Education https://e-journal.my.id/cjpe <p>Cokroaminoto Jurnal of Primary Education merupakan jurnal ilmiah yang dikelola Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan dan diterbitkan oleh Universitas Cokroaminoto&nbsp; Palopo dengan <em>peer review</em>. Menerbitkan artikel bidang ilmu pendidikan dan pembelajaran, pendidikan dasar, pengembangan kurikulum, supervisi/manajemen pendidikan, Psikologi Pendidikan dan pendidikan umum lainnya.</p> <p>Cokroaminoto Jurnal of Primary Education Terbit dua kali setahun yaitu Bulan April dan Oktober. Artikel yang telah publish dapat didownload secara gratis, dibaca dan disebarluaskan sebagai rujukan artikel selanjutnya. Paper di Submit secara online dengan melakukan registrasi terlebih dahulu di website ini atau dapat dikirimkan via email <a href="mailto:cjpe@uncp.ac.id">cjpe@uncp.ac.id</a> atau <a href="mailto:redaksi.cjpe@gmail.com">redaksi.cjpe@gmail.com</a> dengan mengikuti&nbsp; <a href="https://drive.google.com/file/d/1wWzJGyPfyviRf4BTGgjZ_chc6EuRVj96/view?usp=sharing">Template</a> dan&nbsp; mengirimkan artikel bersama surat pernyataan publikasi.</p> <p><strong>p-ISSN: <a href="http://issn.pdii.lipi.go.id/issn.cgi?daftar&amp;1553781930&amp;1&amp;&amp;2019">2654-6426</a> </strong>(Print) dan<strong> e-ISSN: <a href="http://u.lipi.go.id/1553738189">2654-6434</a>. </strong>(Online)</p> en-US <p>In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:</p> <ul> <li class="show">They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.</li> <li class="show">The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.</li> <li class="show">That it is not under consideration for publication elsewhere,</li> <li class="show">That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.</li> <li class="show">They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.</li> <li class="show">They agree to the following license and copyright agreement.</li> </ul> <h3>License and Copyright Agreement</h3> <p>Authors who publish with <strong>CJPE</strong> agree to the following terms:</p> <ol> <li class="show">Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License <a href="http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/" target="_blank" rel="noopener">(CC BY-SA 4.0)</a> that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.</li> <li class="show">Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.</li> <li class="show">Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.</li> </ol> redaksi.cjpe@gmail.com (Rosmalah Yanti) mruslib@gmail.com (M Rusli B) Wed, 14 Aug 2024 08:23:25 +0000 OJS 3.1.2.4 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Dampak Psikologis Korban Child Abuse (Studi Kasus Kampung Padang Alai Kecamatan Panti Kabupaten Pasaman) https://e-journal.my.id/cjpe/article/view/4330 <p><em>Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya permasalahan yang terjadi di kampung Padang Alai Kecamatan Panti Kabupaten Pasaman yaitu adanya seorang anak yang mendapatkan perlakuan kekerasan dari ibunya seperti dijewer dibagian telinga sekuatnya sampai menjadi merah dan ditampar serta dipukul dengan benda-benda kasar yang ada disekitar seperti, gantungan baju, sendal dan gagang sapu ijuk dan sering diteriaki, memanggil anak dengan sebutan (misslabeling). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak psikologis yang dialami oleh anak yang telah mengalami child abuse. Penelitian ini adalah studi kasus lapangan kualitatif. Informan kunci dalam penelitian ini adalah satu anak korban child abuse dan informan pendukung ialah abang dan nenek korban child abuse, serta tetangga sekitar rumah anak korban child abuse tersebut. Peneliti menggunakan observasi dan wawancara untuk mengumpulkan data. Mengurangi data, menyajikan data, dan mengambil kesimpulan adalah proses analisis data. Triangulasi data adalah metode untuk memverifikasi keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dampak psikologis korban Child Abuse sejak balita bersifat permisif seperti merasa tidak berguna, mengisolasi diri di rumah, tidak mampu bergaul dengan teman sebayanya, dan bersifat depresif seperti murung dan pendiam, serta bersifat agresif seperti mendorong, menendang dan memukul teman dan juga saudaranya. Kesimpulan dari penelitian ini dapat diketahui bahwa kekerasan yang dialami pada anak memberikan dampak kepada psikologisnya.</em></p> Rahmat Fadhil Alifa, Linda Yarni, Afrinaldi Afrinaldi, Fadhilla Yusri Copyright (c) 2024 Rahmat Fadhil Alifa, Linda Yarni, Afrinaldi Afrinaldi, Fadhilla Yusri https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://e-journal.my.id/cjpe/article/view/4330 Wed, 14 Aug 2024 08:10:49 +0000 Penerapan Video Pesta Lomban Jepara terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar https://e-journal.my.id/cjpe/article/view/4139 <p><em>Penerapan video pesta lomban Jepara ini dapat digunakan untuk diterapakan dalam media pembelajaran video guna mempngaruhi hasil belajar siswa di Sekolah Dasar. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui sejauh mana efektivitas penggunaan video Pesta Lomban Jepara meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV dan untuk memberikan kontribusi pada pengembangan metode pembelajaran yang lebih menarik dan efektif. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen one grup pretest posttest design. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi teknik observasi, wawancara, tes, dan dokumenasi. Untuk menganalisis data, penelitian ini menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji t-test, dan uji N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan, pada saat pretest menunjukan nilai rata- rata sebesar 42 sedangkan, saat posttest menunjukan nilai rata-rata 87. Kenaikan hasil pretest dan posttest sebesar 45. Serta nilai Uji-t diperoleh signifikan &lt; 0,05 atau 0,000 &lt; 0,05 sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Hal ini dapat dilihat dari perolehan nilai thitung&nbsp; (27.677). Dengan melihat kriteria pengambilan keputusan pada pengujian hipotesis uji-t, maka diperoleh H0 dan Ha diterima. Artinya, penggunaan media pembelajaran video pesta lomban jepara dan berpengaruh secara positif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik di SDN 2 Banjaran Bangsri Jepara</em></p> Wilda Mustaidatul Fitria, Irfai Fathurrohman, Sekar Dwi Ardianti Copyright (c) 2024 Wilda Mustaidatul Fitria, Irfai Fathurrohman, Sekar Dwi Ardianti https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://e-journal.my.id/cjpe/article/view/4139 Wed, 14 Aug 2024 08:18:05 +0000 Pengaruh Gaya Komunikasi Guru terhadap Motivasi Belajar Matematika Siswa Menengah Pertama Kota Jambi https://e-journal.my.id/cjpe/article/view/4331 <p><em>Rendahnya keinginan siswa untuk belajar matematika, termasuk cara guru berkomunikasi dengan mereka sepanjang pelajaran, yang menyebabkan siswa menjadi kurang terlibat dan tidak menyelesaikan pekerjaan yang diberikan guru. Penelitian ini berusaha untuk memastikan apakah gaya komunikasi guru berdampak pada motivasi siswa kelas VIII di SMPN 9 Kota Jambi untuk belajar matematika pada tahun ajaran 2022–2023. Penelitian korelasional dengan menggunakan metodologi kuantitatif adalah jenis penelitian yang digunakan. Ada 226 partisipan dalam populasi penelitian, dan 34 partisipan menjadi sampel. Sebelum pengambilan sampel acak, data populasi dikenakan uji homogenitas dan kenormalan. Kuesioner motivasi belajar dan kuesioner gaya komunikasi guru adalah alat penelitian. Uji regresi linier sederhana, uji signifikansi regresi, persamaan regresi linier sederhana, dan perhitungan koefisien korelasi dan determinan adalah metode yang digunakan untuk analisis data. Hasil analisis data menunjukkan persamaan regresi hubungan antara motivasi belajar dengan gaya komunikasi guru adalah Y = 14,73380549 + 0,76488277X<sub>1</sub> dengan nilai koefisien korelasi r<sub>x1y</sub> = 0,59 yang menunjukkan hubungan cukup kuat dan koefisien determinan sebesar 34,57%. Selain itu, uji signifikansi regresi menghasilkan t<sub>hitung</sub> = 4,14 &gt; t<sub>tabel</sub> = 2,04 yang menunjukkan gaya komunikasi guru berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Kota Jambi tahun ajaran 2022–2023.</em></p> Rts Novita Sari, Aniswita Aniswita, Isnaniah Isnaniah, Muhammad Imamuddin Copyright (c) 2024 Rts Novita Sari, Aniswita Aniswita, Isnaniah Isnaniah, Muhammad Imamuddin https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://e-journal.my.id/cjpe/article/view/4331 Wed, 14 Aug 2024 08:23:04 +0000 Pengaruh Penggunaan Model Project based learning Berbantuan Media Wordwall terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar pada Pembelajaran IPA https://e-journal.my.id/cjpe/article/view/4340 <p><em>Metode pengajaran konvensional sering kali kurang efektif dalam melibatkan siswa secara aktif, yang berdampak pada rendahnya pemahaman konsep sains. Oleh karena itu, penggunaan model pembelajaran Project based learning (PBL) berbantuan media Wordwall menjadi penting untuk diuji, karena memiliki potensi untuk meningkatkan partisipasi dan hasil belajar siswa melalui pendekatan yang lebih interaktif dan kontekstual. </em><em>Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan model pembelajaran Project based learning berbantuan media Wordwall terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA kelas V SDN 65 Kota Timur. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Dengan menggunakan Metode Quasi Eksperimental Design dengan desain Noneequivalent Control Group Design. Variabel bebas penelitian ini adalah Model pembelajaran Project based learning Berbantuan Media Wordwall dan variable terikat adalah Hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan Teknik pengumpulan data melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 65 Kota Timur. Hasil perhitungan IBM SPSS statistic 26 diperoleh nilai nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 ≤ 0,05 dan diperoleh nilai t hitung 8,471 ≥ t tabel 2,028. Dapat disimpulkan H<sub>0</sub> di tolak dan H<sub>1</sub> di terima yang berarti terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran Project based learning berbantuan media Wordwall terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA kelas V SDN 65 Kota Timur.</em></p> Rizka Nur Aprilia Ibrahim, Meylan Saleh, Rifda Mardian Arif Copyright (c) 2024 Rizka Nur Aprilia Ibrahim, Meylan Saleh, Rifda Mardian Arif https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://e-journal.my.id/cjpe/article/view/4340 Thu, 29 Aug 2024 17:39:58 +0000 Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Teori Belajar Konstruktivisme yang Dilengkapi Mind Map dalam Pembelajaran Matematika Kelas VII di MTSN 8 Agam Tahun Ajaran 2021/2022 https://e-journal.my.id/cjpe/article/view/4382 <p><em>Peserta didik hanya mendengarkan penjelasan pendidik dan menyalin penjelasan pendidik ke buku catatan. Buku paket dan buku PR matematika dari penerbit adalah sumber pembelajaran yang digunakan oleh pendidik. Buku-buku ini belum memungkinkan peserta didik untuk mengembangkan konsep matematika secara mandiri. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menghasilkan LKPD (Bahan Ajar dan Pembelajaran) yang sah, praktis, dan efektif berdasarkan teori belajar konstruktivisme, dilengkapi dengan mind map, untuk digunakan di kelas VII di MTsN 8 Agam. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (R&amp;D) yang memanfaatkan paradigma pengembangan Sugiyono. Sampel yang digunkan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII di MTsN 8 Agam, yang berjumlah 31 siswa. Tehnik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa wawancara dengan instruktur dan peserta didik di MTsN 8 Agam. Pendekatan pengembangan Sugiono terdiri dari enam tahap: identifikasi kemungkinan masalah, pengumpulan informasi, desain produk, validasi desain, penyempurnaan desain, dan pengujian produk. LKPD tersebut divalidasi oleh tiga validator dan kemudian diubah berdasarkan komentar mereka. Uji praktikalitas dinilai dengan angket respons peserta didik, sedangkan uji efektivitas dinilai berdasarkan hasil belajar peserta didik. Berdasarkan hasil kajian pengembangan yang telah dilakukan, LKPD ini telah mencapai tingkat kevalidan sebesar 81% yang berarti tingkat kevalidannya sangat tinggi. Tingkat kepraktisan LKPD ini sebesar 88,69% yang berarti telah memenuhi syarat sangat praktis. Selain itu, LKPD ini telah terbukti sangat efektif dengan tingkat efektivitas sebesar 83,87%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa LKPD Matematika berbasis Teori Belajar Konstruktivisme dengan penerapan Mind Map dalam Pembelajaran Matematika kelas VII MTsN 8 AGAM dinyatakan sahih, praktis, dan efektif.</em></p> Luthfia Wulandari, Rusdi Rusdi, Isnaniah Isnaniah, Tasnim Rahmat Copyright (c) 2024 Luthfia Wulandari, Rusdi Rusdi, Isnaniah Isnaniah, Tasnim Rahmat https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://e-journal.my.id/cjpe/article/view/4382 Thu, 29 Aug 2024 17:47:56 +0000 Peningkatkan Kemampuan Menyimak melalui Pendekatan Culture Responsive Teaching (CRT) pada Siswa SD Telkom Makassar https://e-journal.my.id/cjpe/article/view/4460 <p><em>Urgensi permasalahan dalam penelitian ini adalah untuk mengatasi kurangnya keterampilan menyimak siswa dalam pelajaran Bahasa Indonesia yang mungkin disebabkan oleh pendekatan pembelajaran yang tidak sesuai dengan latar belakang budaya siswa. </em><em>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menyimak melalui penerapan pendekatan Culture Responsive Teaching (CRT) pada pelajaran Bahasa Indonesia. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian seluruh siswa kelas IV.C SD Telkom Makassar, yang berjumlah 32 siswa pada semester ganjil tahun ajaran 2024-2025. Data dikumpulkan melalui observasi, tes, dan dokumentasi, kemudian </em><em>dianalisis</em><em> menggunakan metode kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus pertama, 66% siswa berhasil mencapai ketuntasan, dan persentase tersebut meningkat menjadi 87% pada siklus kedua. Hal ini membuktikan bahwa penerapan Culture Responsive Teaching (CRT) efektif dalam meningkatkan kemampuan menyimak siswa di kelas IV.C SD Telkom Makassar.</em></p> Nurul Fadhilah Suardi, Nursakiah Nursakiah, Sulastri Sulastri Copyright (c) 2024 Nurul Fadhilah Suardi, Nursakiah Nursakiah, Sulastri Sulastri https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://e-journal.my.id/cjpe/article/view/4460 Thu, 29 Aug 2024 17:59:41 +0000 Kecerdasaan Emosional, Intelektual, Regisiutas, dan Prestasi Belajar Mahasiswa Anak Usia Dini https://e-journal.my.id/cjpe/article/view/4412 <p><em>Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi bagaimana kecerdasan emosional, intelektual, dan religius mempengaruhi prestasi akademik mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini di Universitas Terbuka Makassar.. Kecerdasan intelektual hanya berkontribusi sekitar 20% dalam menentukan keberhasilan hidup seseorang, sementara 80% sisanya dipengaruhi oleh kekuatan dari berbagai bentuk kecerdasan lainnya. Kecerdasan intelektual terkait dengan berpikir abstrak, kritis, analitis, kreatif, dan kemampuan belajar. Religisiutas berhubungan dengan perilaku kreatif dalam kehidupan untuk pemecahan masalah sesuai norma kebenaran dan kebajikan. Populasi 321 dan sampel 80 orang atau 25% dari populasi. Metode pengambilan sampel yang diterapkan adalah metode acak proporsional. Data dikumpulkan melalui penggunaan kuesioner dan dokumen terkait. Untuk analisis data, digunakan teknik analisis statistik kuantitatif. Hasil penelitian memberikan petunjuk bahwa (1)</em> <em>Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kecerdasan emosional dengan pencapaian akademik (2) Terdapat hubungan positif dan signifikan antara kecerdasan intelektual dengan prestasi belajar, yang ditunjukkan oleh nilai probabilitas yang lebih kecil dari 0,05 (0,000 &lt; 0,05), (3) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara tingkat kecerdasan religiusitas dengan pencapaian prestasi belajar dan (4) Kecerdasan emosional, intelektual, dan spiritual secara bersama-sama memberikan kontribusi positif yang signifikan terhadap pencapaian akademik. Fakta ini diperkuat oleh nilai Adjusted R Square sebesar 0,890, yang menunjukkan bahwa 89% variasi dalam prestasi akademik mahasiswa di program studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini dapat dijelaskan oleh berbagai faktor, seperti kecerdasan emosional, intelektual, dan spiritual.</em></p> Muin Muin, Kusmaladewi Kusmaladewi Copyright (c) 2024 Muin Muin, Kusmaladewi Kusmaladewi https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://e-journal.my.id/cjpe/article/view/4412 Sat, 07 Sep 2024 00:00:00 +0000 Pengaruh Penggunaan Model Problem Based Learning Berbantu Media Film Kartun Terhadap Kemampuan Menulis Isi Teks Pada Siswa Kelas V SDN 83 Sipatana https://e-journal.my.id/cjpe/article/view/4413 <p><em>Urgensi dari penelitian ini terletak pada pentingnya meningkatkan kemampuan menulis siswa, khususnya dalam menyusun isi teks, yang merupakan keterampilan dasar dalam literasi. Di sekolah dasar, banyak siswa menghadapi kesulitan dalam mengekspresikan gagasan secara tertulis dengan baik, termasuk dalam mengorganisasikan dan mengembangkan isi teks. </em><em>Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh penggunaan model problem based learning berbantu media film kartun terhadap kemampuan menulis isi teks pada siswa kelas V SDN 83 Sipatana. Desain penelitian menggunakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode Quasi Eksperiment Design dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group. Banyaknya popuulasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V SDN 83 Sipatan yang terdiri dari 2 kelas masing-masing berjumlah 23 orang dengan total keseluruhan yaitu 46 orang.</em> <em>Variabel bebas penelitian ini adalah model problem based learning berbentu media film kartun dan variabel terikat adalah kemampuan menulis. Pengujian hipoteses penelitian ini menggunakan uji independent sample test. Hasil perhitungan IBM SPSS Statistics 26 diperoleh dengan nilai sig.(2-tailed) sebesar 0,027 &lt; 0,05 dan diperoleh nilai t<sub>hitung </sub>2,281 &gt; t<sub>tabel </sub>2,0105. Dapat disimpulkan H<sub>0</sub> ditolak dan H<sub>1</sub> diterima, Terdapat dampak positif dari penerapan model pembelajaran berbasis masalah yang didukung oleh media film kartun terhadap keterampilan menulis isi teks pada siswa kelas V SDN 83 Sipatana.</em></p> <p><em>&nbsp;</em></p> Mirna Eka MP Taru, Ratnarti Pahrun, Salma Haldun Copyright (c) 2024 Mirna Eka MP Taru, Ratnarti Pahrun, Salma Haldun https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://e-journal.my.id/cjpe/article/view/4413 Sat, 07 Sep 2024 00:00:00 +0000 Peningkatan Hasil Belajar IPAS melalui Penerapan Problem Based Learning pada Materi Bagian Tumbuhan pada Siswa SD Telkom Makassar https://e-journal.my.id/cjpe/article/view/4472 <p><em>Urgensi penelitian ini terletak pada pentingnya meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) yang fokus pada materi bagian tumbuhan, guna mempersiapkan siswa dengan keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah yang esensial dalam menghadapi tantangan pendidikan modern.</em> <em>Dengan menggunakan materi bagian tumbuhan dan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL), penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS). </em><em>Sabjek </em><em>Pada</em><em> penelitian ini siswa</em><em> semester ganjil tahun ajaran 2024–2025, penelitian ini diikuti oleh 29 siswa IVC SD Telkom Makassar. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Hal ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi yang terdapat pada setiap siklusnya. Tes untuk hasil pembelajaran, lembar observasi, dokumentasi, dan kolaborasi digunakan untuk mengumpulkan data. Peningkatan persentase siswa yang memenuhi Kriteria Kelalaian Minimum (KKM) dari 34,5% pada siklus 1 menjadi 100% pada siklus 2 dan peningkatan nilai rata-rata dari 67,76 menjadi 91,72 menunjukkan bahwa penerapan PBL berhasil meningkatkan hasil belajar siswa. Selain itu, ada peningkatan kapasitas kolaborasi kelompok dan keterampilan berpikir kritis. Hasilnya, hasil belajar kelas IV SD Telkom Makassar meningkat sebagai hasil dari penggunaan Problem Based Learning.</em></p> Riska Mandjur, Nursakiah Nursakiah, Sulastri Sulastri Copyright (c) 2024 Riska Mandjur, Nursakiah Nursakiah, Sulastri Sulastri https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://e-journal.my.id/cjpe/article/view/4472 Sat, 07 Sep 2024 11:44:18 +0000 Pengaruh Model Pembelajaran RADEC (Read Answer Discuss Explain Create) terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Sekolah Dasar https://e-journal.my.id/cjpe/article/view/4437 <p><em>Penelitian ini </em><em>dilatarbelakangi oleh sejumlah siswa mengalami kesulitan dalam menulis teks eksplanasi yang disebabkan oleh beberapa faktor seperti bimbingan guru yang tidak efektif, pendekatan pembelajaran yang belum tepat, dan motivasi yang kurang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran RADEC terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi siswa. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen (quasi experimental research) dengan posttest-only control group design. Sampel berjumlah 38 siswa kelas V dengan 19 orang di setiap kelas (kelas A dan B). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa hasil tes (posttest). Penilaian didasarkan pada 4 aspek yang ditetapkan sebagai indikator menulis teks eksplanasi meliputi struktur teks, isi teks, ciri kebahasaan dan aspek mekanik. Hasil penelitian memperoleh dua temuan. Pertama, kemampuan siswa dalam menulis teks eksplanasi pada kelas kontrol tergolong dalam kategori baik, cukup baik, dan memerlukan bimbingan. Sedangkan, pada kelas eksperimen kemampuan siswa dalam menulis teks eksplanasi tergolong dalam kategori sangat baik, baik, dan cukup baik. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil posttest kelas eksperimen lebih besar dengan rata-rata sebesar 85,52 daripada hasil rata-rata posttest yang diperoleh kelas kontrol sebesar 71,71. Kedua, model pembelajaran RADEC efektif dan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan siswa dalam menulis teks eksplanasi dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional. Hal ini terlihat dari perolehan hasil uji Mann-Whitney dengan nilai korelasi Rank-Biserial (rB) sebesar 0,53. Selain itu, kelas eksperimen memiliki nilai median dan distribusi nilai yang lebih tinggi dan dan konsisten dibandingkan dengan kelompok kontrol.</em></p> <p><em>&nbsp;</em></p> Iya Riyani, Prana Dwija Iswara, Dety Amelia Karlina Copyright (c) 2024 Iya Riyani, Prana Dwija Iswara, Dety Amelia Karlina https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://e-journal.my.id/cjpe/article/view/4437 Sat, 07 Sep 2024 00:00:00 +0000